welcome to my blog,,,, hopefully it all comfortably on my blog and can enjoy it ,,,,,, ,,,,,,, ,,,,,,, thanks,,,,,,,,,,do not forget love comments AKU: Ananisis tetntang zaman khalifah Ali Bin Abu Thalib

Minggu, 31 Oktober 2010

Ananisis tetntang zaman khalifah Ali Bin Abu Thalib

Ali Bin Abi Thalib mempunyai sifat-sifat istimewa yang khusus. ia banyak memberikan sesuatu kepada Umat Islam dalam berbagai hal. terutama untuk mempertahankan agama Islma. lidahnya pun fasih dan pengetahuannya luas melebihi sahabat-sahabat yang lainnya. untuk membiarakan kelebihan dan keistimewaan Ali dalam berbagai bidang dan lapangan, memerlukan pembiaraan yang luas. tiada dapat kita tuliskan dalam ikhtisar yang ringkas ini.
untuk analisis, ada beberapa kekurangan yang ada pada diri Ali, karena manusia tetaplah manusia, pasti mempunyai kesalahan. kekurangan itu antara lain :
1. ali berkeperayaan bahwa Beliaulah yang berhak mejadi khalifah kaum Muslimin sesudah Rasulullah meningal dunia. menurut Ali, tiadak ada orang yang berak menjadi Khalifah selain dar pada Beliau. ini dapat ilihat dar Ali yang berat hati menerima Abu Bakar dalam pembaiatan Khalifah setelah Rasulullah
2. Khalifah Ali kurang memusyawarahkan urusan-urusan pentingnya kepada orang-orang terkemuka pada masanya.sekiranya ada diantara mereka yang mengemukakan pendapat , pikiran, nasehat-nesehat atau pandangan, maka nesehat-nasehat itu jarang di peratkannya. ini dapat dilihat pada waktu Talhah dan Zubair menela sikap Ali yang mengatakan "apakah yang tidak saya ketahui, maka saya harus musyawarahkan?"
3. keinginan Ali hendak mengadili perkara Ubaidillah yang membunuh Hurmuzan dan hendak menjatuhkan hukuman mati kepadanya. Usman yang hendak mengadilinya dua belas tahun yang lalu, tetapi ali mau menghidupkannya kembali,menyebabkan Ubaidillah melarikan diri ke Syam dan menggabungkan diri ke Mu'awiyah dan menjadi panglima ulung dalam laskar Mu'awiyah.
4. Ali mudah percaya dan mudah menerima hasutan, sehingga kepala-kepala daerah yang diangkatnya dicurigainya. ini dapat dilihat dari kesalah pahaman Ali terhadap Gubernur di mesir yang diangkatnya yaitu Qais yang dituduh menggabungkan dirinya terhadap Mu'awiyah dan akhirnya Qais digantikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar